Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Syzygium aromaticum

Cengkeh (Syzygium aromaticum (L.) Merr. & Perr. sin: Caryophyllus aromaticus Linn., Eugenia aromatica Kuntze, Eugenia caryophyllata Thunb., Eugenia caryophyllus (Spreng.) Bullock et S. Harrison, dan Myrtus caryophyllus Spreng.) merupakan tumbuhan famili Myrthaceae yang berasal dari Maluku, terutama pulau-pulau Bacan, Makian, Moti, Ternate, and Tidore. Perdagangan cengkeh ke Timur Tengah dan Eropah telah berlangsung sejak satu abad SM, bahkan pakar arkeologi telah menemukan cengkeh dalam wadah keramik di Syria sejak 1721 SM. Cengkeh merupakan tanaman bersejarah karena berkaitan dengan sejarah penjajahan oleh bangsa-bangsa Eropah (Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris) terhadap bangsa Indonesia. Pohon cengkeh tertua di dunia terdapat di Pulau Ternate, tetapi sangat disayangkan, dibiarkan tumbuhmerana. Saat ini cengkeh dibudidayakan secara luas di Indonesia dan di negara lain seperti India, Madagascar, Zanzibar, Pakistan, and Sri Lanka. 


Cengkeh merupakan tumbuhan pohon yang dapat tumbuh sampai mencapai tinggi 20 m, mula-mula dengan tajuk berbentuk mengerucut tetapi kemudian berubah berbentuk silindris. Cengkeh luar berbatang tunggal, tetapi cengkeh budidaya bercabang dari bagian pangkal batang sehingga membentuk tajuk yang lebih melebar. Perakaran cenderung berada di bagian tanah permukaan, membentuk banyak akar lateral dengan hanya beberapa cabang akar yang tumbuh ke bawah. Batang utama tumbuh tegak dan bercabang mulai dari 1,5-1,8 m dari permukaan tanah, percabangan cenderung tegak, berjumlah banyak, kulit batang halus dan berwarna abu-abu. Daun merupakan daun tunggal yang duduk berhadapan, permukaan daun licin mengkilap, helai daun mempunyai bintik-bintik glandula aromatik, berbentuk elipsoidal yang meruncing ke arah pangkal dan ujung, berukuran 7.5-12.3 cm x 2.5-3.75 cm, tangkai daun 1-3 cm, menebal di bagian pangkal, berwarna kemerahan.

Bunga berangkai menyerupai malai, tumbuh di ujung ranting, terdiri atas 3-40 bunga tunggal biseksual yang tersusun atas kelompok 3-4 individu bunga. Bakal bunga berukuran panjang 1-2 cm, dipanen sebelum bunga mekar. Kelopak bunga berbentuk tabung, panjang 1,0-1,5 cm, berwarna hijau kekuningan bersemu merah, berlekuk di bagian ujungnya, dengan bagian menonjol sepanjang 2-4 mm. Mahkota bunga 4 helai, membulat, bersemu merah, berdiameter 6 mm, segera rontok pada saat bunga mekar. Tangkai sari banyak, panjang 7 mm. Putik mempunyai ovarium beruang dua, panjang tangkai putik 3-4 mm, kepala putik mempunyai 2 tonjolan. Buah merupakan buah beri, berbentuk bulat panjang, berwarna merah gelap, berukuran panjang 2-2,5 cm, mempunyai satu biji berukuran panjang 1,5 cm.


Kebun cengkeh

Sosok pohon cengkeh
Batang pohon cengkeh

Pucuk dan daun cengkeh

Bunga cengkeh sebelum mekar

Bunga cengkeh saat mekar
Bunga cengkeh saat dipanen

Menjemur bunga cengkeh

Bunga cengkeh kering
Buah cengkeh



0 comments:

Posting Komentar